Resep Kukus Ikan Tongkol

Resep Kukus Ikan Tongkol - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Kukus Ikan Tongkol, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Kukus Ikan Tongkol
Nama Resep Masakan : Resep Kukus Ikan Tongkol

lihat juga


Resep Kukus Ikan Tongkol

Artikel Ikan Tongkol, Melezatkan.com - Resep Ikan Tongkol Kukus. Tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang banyak ditangkap oleh nelayan Indonesia. Harganya pun masih terbilang murah jika dibandingkan dengan ikan kakap atau tuna.

Cara memasak ikan tongkol menjadi hidangan siap santap tidaklah ribet. Bisa dengan cara dibakar (ikan tongkol bakar) atau dipanggang (ikan tongkol panggang). Bahkan bisa juga dibuat abon (baca: cara membuat abon ikan tongkol).

Seperti resep berbahan dasar ikan tongkol kali ini, kita akan membuat ikan tongkol kukus yang super pedas. Memangnya bolus saja yang bisa dikukus? Ikan tongol juga dong!

Bahan dan Bumbu:
  • 1 ekor ikan tongkol
  • 1 buah tomat dipotong-potong
  • 2 buah jeruk nipis
  • 25 buah cabe rawit utuh
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • 100 cc air

Bumbu yang dihaluskan
  • 5 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah
  • 1 ruas jari kencur
  • 2 ruas jari jahe

Cara membuat ikan tongkol kukus
  1. Ikan tongkol dibersihkan lalu dikukus. Buang kepala dan tulangnya, kemudian ambil dagingnya.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Masukkan tomat yang dipotong-potong dan cabe rawit (dibiarkan utuh).
  4. Jika sudah beraroma harum, masukkan ikan tongkol dan tambahkan air secukupnya. Masak sampai mendidih dan semua bahan matang.
  5. Setelah semuanya matang, letakkan pada piring datar. Taburi dengan air perasan jeruk nipis, kemudian kukus lagi selama 30 menit. 
  6. Angkat dan ikan tongkol kukus pedas siap dihidangkan di tengah keluarga.
Kukus Ikan Tongkol
Kukus Ikan Tongkol


Demikianlah postingan Artikel Resep Kukus Ikan Tongkol

Resep Masakan Resep Kukus Ikan Tongkol, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Kukus Ikan Tongkol dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-kukus-ikan-tongkol.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : ,