Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap
Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap

lihat juga


Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap

Artikel Aneka Jajanan Nusantara, Artikel Minuman Segar, Artikel Minuman Tradisional, Artikel Pisang,
Menu Internasional - Menunggu hujan di musim kemarau tahun ini rasanya sangat panjang. Mendung yang sudah menggumpal ternyata tidak membuat hujan segera turun, namun justru membuat suhu menjadi panas. Cuaca pancaroba memang selalu tidak menentu, hal ini berpengaruh pada seringnya kita merasa haus. Untuk menghilangkan rasa haus tersebut kali ini kami mengajak anda untuk membuat minuman segar yang bisa menghilangkan dahaga anda. Resep es pisang hijau mungkin bisa menjadi solusi terbaik anda saat mengalami rasa haus yang tak tertahankan. Es yang segar sudah umum menjadi konsumsi kita saat cuaca terik atau panas seperti yang dirasakan saat ini.

Es pisang hijau memang bukan minuman yang asing bagi sebagian orang di daerah tertentu, namun bagi sebagaian orang di daerah yang lain mungkin belum pernah mencicipi minuman segar nan nikmat ini. Sering kali saat kita jalan-jalan menemukan penjual es pisang ijo yang dijajakan dengan gerobak dorong. Secara tampilan es pisang hijau ini memang menarik dengan warna hijau sebagai pembungkus pisang. Kemudian dicampur dengan kuah merah yang sangat kontras sehingga membuat tampilannya semakin menggoda. Es pisang hijau ini sudah dikenal cukup lama di daerah asalanya Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya di kota Makassar. Lihat juga resep es lidah buaya untuk resep minuman segar lainnya.

Membuat es pisang ijo ini tidaklah sulit dan pasti anda akan tertarik membuatnya di rumah. Bahan yang digunakan juga sangat sederhana karena pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di tanah Nusantara ini. Pisang yang digunakan dalam resep ini menggunakan pisang raja yang sudah tua. kemudian diolah sedemikian rupa hingga menjadi es yang sangat nikmat. Untuk lebih jauh mengenal apa saja bahan dan bagaimana cara membuatnya, segera saja anda simak resep es pisang ijo yang nikmat berikut ini.

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap

Bahan-bahan :
  • 10 lembar daun pandan
  • 10 lembar daun suji
  • 350 gram tepung beras
  • 100 ml air
  • 400 ml santang sedang (tidak terlalu kental)
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 4 bauh pisang raja (pilih yang sudah tua, dikukus)
  • Daun pisang (bisa diganti aluminium foil)
  • Minyak goreng secukupnya (untuk olesan)
  • Es batu 
  • Sirup coco pandan

Bahan saus :
  • 1 liter santan yang cair
  • 100 gram gula pasir
  • 60 gram tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan (dipotong-potong)

Cara membuatnya :
  1. Tumbuk daun suji beserta dengan daun pandan, lalu beri air sedikit kemudian diperas dan disaring. Campurkan saringan air tersebut dengan tepung beras, santan, gula dan garam, kemudian masak campuran tersebut mengunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental dan matang. Selanjutnya segera angkat dan dinginkan.
  2. Ambillah selembar daun pisang atau aluminium foil, olesi menggunakan minyak goreng, lalu taruh beberapa sendok adonan tepung tadi dan pipihkan. Letakkan sebuah pisang raja di atas adonan yang sudah dipipihkan tersebut lalu gulung hingga pisang raja tertutup dengan adonan tepung. Bungkus gulungan tersebut seperti membungkus lontong, kukus hingga matang, angkat dan dinginkan dahulu.
  3. Membuat saus : campurkan seluruh bahan untuk membuat saus, aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata. Selanjutnya masak campuran ahan tersebut sambil di aduk hingga bahan mengental, jika sudah angkat saus tersebut dan dinginkan.
  4. Potong-potong pisang hijau yang sudah dikukus tadi lalu sajikan bersama dengan saus dan beri sirup coco pandan dan beri es batu biar lebih segar.

Kini es pisang hijau sudah siap disajikan, penyajian es dari bahan yang disediakan bisa menjadi empat gelas minum. Nah demikian resep es pisang hijau untuk anda, semoga bermanfaat selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap

Resep Masakan Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Segar Mantap dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-cara-membuat-es-pisang-ijo-segar.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , ,