Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana

Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana
Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana

lihat juga


Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana

Artikel Aneka Olahan Sayur, Artikel Menu masakan Asia, Artikel Menu Masakan Internasional, Artikel Resep Masakan Jepang, Artikel Sayuran, Artikel Soup,
Menu Internasional - Anda pernah mencicipi shabu-shabu? Jika sudah pernah mencicipi pasti ketagihan. Namun ketagihan shabu-shabu khas Jepang tidak melanggar hukum koq, karena shabu-shabu yang dimaksud adalah masakan asal Jepang yang sangat nikmat sekaligus sehat. Sama seperti yang akan kami bagikan kali ini adalah resep shabu-shabu khas Jepang yang nikmatnya beda. Jangan pernah anda salah menikmati shabu yang lain ya, karena selain dilarang anda bisa saja masuk pejara. Mendingan makan shabu hasil masakan sendiri di dapur anda, biarpun ketagihan tidak akan pernah di ciduk ama petugas, malah petugasnya yang jadi ketagihan.

Menurut sejarahnya nih ya, shabu-shabu sebenarnya berasal dari daratan Tiogkok di bagian timur laut. Di Tiongkok masakan ini dikenal dengan nama shuan yang rou, yang kemudian seorang Jepang yang pernah tinggal di Tiongkok membawa masakan itu dan diperkenalkan di Jepang. Nama Shabu-shabu sendiri baru dikenalkan di Jepang pada tahun 1952 yang kemudian nama tersebut di jadikan merek dagang pada tahun 1955. Sejak saat itulah kemudian masakan ini dikenal dengan nama shabu-shabu hingga saat ini. Oh iya sebagai pemberitahuan saja, shabu-shabu ini merupakan masakan sejenis sup.

Shabu-shabu merupakan masakan Jepang yang berupa irisan daging sapi yang sangat tipis (di Tiongkok menggunakan daging domba) yang dicelupkan ke dalam panci berisi air panas, yang didalam panci tersebut biasany juga dimasak sayuran maupun tahu. Shabu-shabu ini biasanya juga dimakan bersama dengan saus atau tare yang menagandung wijen. Jika anda salah satu penggemar masakan Jepang dan inin membuatnya sendiri di rumah saya akan membagikan resepnya di sini. Namun jika bahan-bahan yang ada di dalam resep ini kemungkinan tidak tersedia di daerah anda, jadi anda bisa mengganti dengan yang lain yang sekiranya mirip. Silahkan anda simak resepnya yang berikut ini.


Bahan saus :
  • 60 ml saus soya
  • Air jeruk lemon (secukupnya)
  • Wijen tumbuk (secukupnya)
  • Bawang bombay (secukupnya)

Bahan kaldu dan isian :
  • 2 liter kaldu ayam
  • 10 potong tofu (bentuk dadu)
  • 100 gram mi udon
  • 8 udang bago
  • 8 iris sukiyaki
  • 3 batang pokcoy
  • Sawi putih (secukupnya)
  • 1/2 wortel
  • 1 batang daun bawang

Cara membuatnya :
  1. Cuci dahulu sayuran hingga bersih, lalu potong semua sayur agak lebar. Khusus untuk wortel iris membentuk korek api dan untuk daun bawang biarkan saja memanjang. Bersihkan juga kulit udang dibagian punggung lalu cuci bersih dan sisihkan dahulu.
  2. Rebus udon lalu tiriskan, lalu iris sukiyaki menjadi tipis-tipis. Letakkan dan tata sayuran dalam wadah tertentu/plate lalu atur yang rapi, letakkan juga tofu, sukiyaki dan semua bahan isian dalam satu plate.
  3. Membuat saus : Campurkan semua bahan untuk membuat saus, aduk hingga rata lalu cicipi, jika dirasa sudah cukup sisihkan dahulu.
  4. Selanjutnya rebus kaldu ayam hingga mendidih, kemudian mulailah merebus sayur-sayuran seperti wortel, pokcoy, sawi putih, daun bawang, tofu, udang dan juga sukiyaki.
  5. Sajikan dalam sebuah mangkuk, lalu nikmati shabu-shabu dengan saus yang sudah disiapkan untuk celupan dan santap selagi panas.

Nah mudah sekali gukan membuat shabu-shabu khas Jepang sederhana. Nah jika anda penasaran dan ingin membuatnya dirumah segera saja ikuti resep diatas. Semoga resep yang kami berikan dalam artikel sederhana ini sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana

Resep Masakan Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Cara Membuat Shabu Shabu Khas Jepang Sederhana dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-cara-membuat-shabu-shabu-khas.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , ,