Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat

Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat

lihat juga


Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat

Artikel Aneka Masakan Nusantara, Artikel Makanan Tradisional, Artikel Menu Buka Puasa, Artikel Menu Bulan Ramadhan, Artikel Menu Makan Sahur, Artikel Menu Masakan Indonesia, Artikel Menu Masakan Tradisional,
Menu Internasional - Membuat masakan dengan bahan yang murah bukan berarti tidak memiliki citarasa yang nikmat. Hal ini bisa dibuktikan dengan resep yang akan kami bagikan kali ini. Resep yang bisa anda coba di rumah kali ini adalah resep oncom sangrai. Ya oncom memang bukan bahan makanan yang mahal, namun makanan dari bahan oncom akan memberi citarasa yang tak kalah nikmat dengan makanan yang lain. Oncom sendiri merupakan makanan tradisional asli Nusantara yang sangat dikenal di daerah Jawa Barat. Makanan murah in merupakan hasil fermentasi yang terjadi oleh proses beberapa jenis kapang, prosesnya sendiri hampir mirip dengan pengolahan tempe. Yang membuatnya berbeda adalah jika oncom bisa diolah setelah menghasilkan spora, sedangkan tempe bisa dijual sebelum menghasilkan spora.

Meskipun bahan untuk membuat masakan kali ini sangat murah, namun kandungan gizi yang terdapat pada oncom tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam hal ini oncom bisa menjadi alternatif yang baik sebagai asupan gizi dengan harga yang murah. Oncom dikatakan mengandung karbohidrat dan protein yang tercerna dan cukup tinggi. Selain itu populasi kapang yang memproses oncom mampu menekan produksi aflaktoksin yang mencemari bungkil. Jadi jangan ragu untuk menjadikan oncom sebagai laternatif bahan makanan yang sehat, meskipun tampilan dari oncom ini terlihat tidak menarik.

Membuat oncom sangrai sangat mudah, bahan yang digunakan terbukti sangat murah dan bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional. Bumbu-bumbu yang digunakan juga sangat mudah, semua yang ada di dapaur sebagai bumbu sehari-hari bisa untuk membuat makanan yang nikmat ini. Selain itu proses membuat oncom sangrai juga sangat mudah, anda semua yang baru belajar memasak juga pasti bisa untuk membuatnya, dan mudah-mudahan rasanya juga nikmat.

Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat

Nah untuk anda yang ingin membuat masakan yang satu ini, segera saja siapkan semua bahan yang diperlukan pada resep yang akan kami bagi seaat lagi, lalu siapkan juga peralatan yang diperlukan. Nah saat ini kami akan segera membagikan resep oncom sangrai yang sederhana. Untuk itu simak saja resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 200 gram oncom
  • 3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu-bumbu :
  • 7 butir bawang merah (diiris tipis)
  • 4 siung bawang putih (diiris tipis)
  • 4 buah cabai rawit merah (diiris tipis)
  • 4 buah cabai merah keriting (diiris tipis)
  • 2 cm lengkuas (diiris tipis)

Bahan tambahan :
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh bubuk kaldu ayam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Oncom ditumbuk hingga hancur, lalu sisihkan. Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bumbu-bumbu irisan dan daun salam hingga keluar aroma harum.
  2. Selanjutnya masukkan oncom yang sudh ditumbuk tadi, masak dengan api kecil dan aduk-aduk hingga oncom mulai matang. Masukkan garam, bubuk kaldu ayam dan kecap manis. Aduk-aduk lagi semua campuran bahan tersebut masih dengan menggunakan api kecil hingga oncom matang dan kering, lalu segera angkat.

Oncom sangrai sudah jadi, sangat mudah dan cepat bukan? Kini anda sekeluarga bisa menikmati hasil masakan yang pastinya nikmat dan lezat. Masakan yang telah jadi di atas dapat disajikan untuk empat orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat

Resep Masakan Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat dan Lezat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-oncom-sangrai-citarasa.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , , ,