Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

lihat juga


Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

Artikel Aneka Jajanan Nusantara, Artikel Cemilan, Artikel Jajanan Pasar, Artikel Kue, Artikel Kue Basah, Artikel Kue Tradisional, Artikel Makanan Tradisional,
Menu Internasional - Dari namanya saja kue tradisional ini sudah unik, kue mata bagong. Jika anda salah satu pecinta budaya pewayangan pasti tau tokoh punakawan yang namanya Bagong kan? Nah lihat deh matanya, besar merah dan bulat, itu gambaran yang didapat dari tokoh pewayangan. Nah kali ini kita akan membuat mata bagong yang bisa di makan. Jadi kali ini kami akan berikan resep cara membuat kue bagong yang unik dan nikmat. Masih belum kebayang bagaimana bentuk nya? Lihat wayang dulu samapai adegan Gara-gara (Goro-goro) nanti si punakawan akan segera muncul. Lalu lihat benar gimana bentuk mata bagong lalu baca resep yang kami berikan dan coba pasti jadi. Namun sayangnya goro-goro biasanya muncul saat tengah malam.

Untuk membuat kue mata bagong ini sebenarnya sangat mudah, hanya dengan membayangkan mata bagong yang bulat dan besar anda sudah tau bagaimana bentuknya. Bahan yang digunakan juga sangat mudah di dapatkan, dan sangat alami. Bahan utama membuat kue tradisional ini adalah singkong dan pisang. Bahan yang lain adalah bahan pelengkap kue yang banyak dijual di warung-warung. Intinya baik bahan maupun cara membuat kue mata bagng sangat mudah dan sederhana. Jadi tunggu apa lagi segera siapkan bahan dan peralatan untuk membuatnya. 

Makanan ini sangat cocok disajikan sore hari sambil menikmati udara segar dan bersantai. Jika anda bersantai ditemani dengan teh atau kopi dan biskuit itu sudah lumrah di jaman sekarang. Tapi nongkrong santai di temani dengan teh dan kue tradisional kue mata bagong nan nikmat itu sangat langka dijaman digital saat ini. Namun anda masih tetap bisa menikmati cemilan tradisional ini dengan membuat sesuai resep yang akan kami bagikan kali ini. Nah jika anda sudah tidak sabar ingin segera menikmatinya simak saja resep kue yang satu ini.

Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

Bahan-bahan :
  • 1300 gram singkong
  • 1/2 butir kelapa muda, sebagai bahan campuran (kupas kulit ari dan parut)
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili
  • Pewarna makanan (dua warna, umumnya merah dan hijau)
  • 4 buah pisang tanduk (dikukus hingga matang)
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus
  • 1/2 butir kelapa muda, sebagai taburan (kupas dan parut memanjang)

Cara membuatnya :
  1. Parut singkong lalu campurkan dengan kelapa parut (bahan capuran), gula pasir, garam dan vanili. Lalu bag adonan yang sudah dicampur tadi menjadi dua bagian, lalu beri warna satu bagian dengan pewarna merah, dan satu bagian lagi dengan warna hijau. Aduk-aduk masing-masing bagian hingga rata.
  2. Ambil selembar daun pisang, lalu beri dengan 1/2 bagian adonan warna merah dan 1/2 bagian adonan warna hijau lalu ratakan. Selanjutnya letakkan pisang tanduk yang sudah dikukus ditengahnya, lalu gulung hingga terbungkus dalam daun, lalu sematkan lidi di ujung untuk menutup. Lakukan hal serupa dengan sisa adonan yang ada.
  3. Terakhir kukus adonan yang sudah dibungkus tadi menggunakan api besar selama kurang lebih satu jam atau hingga kue matang. Angkat kue yang sudah matang dan biarknan beberapa saat hingga dingin. Sajikan kue dengan dipotong-potong lalu taburi menggunakan kelapa parut.

Catatan : gunakan daun pisang batu dengan penampang daun yang lebar, jemur dahulu agar daun layu sehingga tidak mudah sobek dan patah saat digunakan.

Nah kue sudah bisa dinikmati bersama keluarga atau sahabat untuk mengisi waktu santai anda. Dari bahan yang disediakan di atas bisa untuk membuat empat bungkus kue. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis

Resep Masakan Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Kue Mata Bagong Tradisional Lembut Kenyal Manis dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-kue-mata-bagong.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , , ,