Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat

Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat
Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat

lihat juga


Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat

Artikel Aneka Jajanan Nusantara, Artikel Menu Masakan Indonesia, Artikel Minuman Segar, Artikel Minuman Tradisional,
Menu Internasional - Masih saja gerah dan hujan masih juga belum mau mengguyur bumi Nusantara tercinta ini. Ya bersebarlah dan semua akan diberi hujan pada waktunya. Untuk anda yang masih merasa panas pada siang hari dan dinin pada malam hari kami akan memberikan resep yang menyegarkan sekaligus menghangatkan yaitu es sekoteng yang nikmat segar sekaligus menghangatkan. Membicarakan es sekoteng tentu saja kita ingat akan salah satu minuman tradisional wedhang jahe yang menyehatkan itu. Namun tentu saja berbeda antara wedhang jahe dengan es sekoteng yang disebut disini. Es sekoteng memang mengandung jahe sebagai bahan dasarnya namun dalam wujud fisiknya es sekoteng lebih mirip dengan wedhang ronde. Wedang ronde sudah sangat terkenal saya sendiri sering menikmatinya di kota budaya Yogyakarta.

Yang membuat saya menyimpulkan bahwa es sekoteng dan wedhang ronde ini mirip adalah dari tampilan fisiknya dimana es sekoteng menggunakan kacang tanah dan juga bola ketan  yang juga terdapat pada minuman wedhang ronde. Kedua wedhang jahe ini sama-sama mampu memberikan kesegaran yang sekaligus memberikan kehangatan bagi yang menikmatinya. Sangat cocok dikonsumsi saat malam hari dengan udara dingin saat sedang bersama rekan dan sahabat. Menikmati es sekoteng tidak hanya membuat kita betah berada lama-lama di luar ruangan sekalius mempererat kebersamaan dan juga menyehatkan. Bahan yang digunakan untuk membuat es sekoteng ini cukup mudah dan tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi tubuh karea tergolong sebagai minuman tradisional herbal.


Nah bagi anda yang ingin membuat es sekoteng sebagai penghangat kala malam hari bersama keluarga kami akan memberikan resepnya di akhir artikel kali ini. Kami hanya mengharap semoga resep-resep yang kami tuliskan secara sederhana ini mampu memberikan manfaat yang baik bagi anda dan kesehatan anda. Untuk itu mari kita segera saja menyimak resep es sekoteng yang segar berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 100 gram kacang tanah
  • 400 gram tepung ketan
  • 100 gram gula halus
  • 125 ml air
  • 2-3 tetes pewarna merah makanan
  • 2-3 tetes pewarna hijau makanan
  • 2-3 tetes pewarna kuning makanan
  • 200 gram kolang kaling (diiris tipis memanjang)
  • 1 1/2 liter air (untuk merebus)'
  • 4 batang serai (dipipihkan lalu diikat simpul)
  • 4 ibu jari jahe (bakar dan memarkan)
  • 5 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • 300 gram gula pasir
  • 50 gram kacang tanah (disangrai buang kulit arinya)
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Sangrai 100 gram kacang tanah hingga warna kecoklatan, segera angkat dan buanglah kulit ari nya. Campurkan kacang sangrai tersebut dengan gula halus, lalu tumbuk hingga halus dan sisihkan.
  2. Campurkan tepung ketan bersama dengan  air dan pisahkan menjadi tiga bagian untuk dicampur dengan pewarna makan, aduk aduk adonan tersebut hingga adonan bisa dibentuk. Buatlah bentuk bulat dari adonan warna tersebut. Pipihkan dan isi adonan dengan kacang tumbuk tadi lalu tutup adonan dan sisihkan.
  3. Masak air dicampur dengan jahe, daun pandan dan gula pasir hingga mendidih, angkat dan saring air rebusan tersebut. Didihkan air kembali air jahe tadi, masukkan bola-bola ketan yang sebelumnya telah dibuat, masukkan juga kolang-kaling ke dalam rebusan jahe tersebut. Masak hingga bola-bola ketang tersebut mengapung, lalu ambil dan dinginkan.
  4. Masukkan beberapa biji bola ketan ke dalam mangkok kecil, berilah dengan irisan kolang-kaling, kacang sangrai dan tuangi dengan air jahe. Tambahkan juga es batu dan juga susu kental manis agar minuman lebih segar dan nikmat.

Nah kini anda sudah siap menikmati segarnya minuman es sekoteng yang nikmat dan sehat bersama dengan keluarga. Semua bisa di buat dengan mudah bukan? Resep yang kami tuliskan diatas pas untuk satu keluarga dengan empat anggotanya. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat

Resep Masakan Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Cara Membuat Es Sekoteng Segar dan Hangat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-cara-membuat-es-sekoteng-segar.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , ,