Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat

Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat

lihat juga


Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat

Artikel Aneka Masakan Nusantara, Artikel Aneka Olahan Tahu/Tempe, Artikel Aneka Sambal, Artikel Menu Masakan Tradisional, Artikel Sambal, Artikel Tempe,
Menu Internasional - Sesuai dengan janji sebelumnya di resep bubur nasi tumpang, kami akan memberikan resep khusus untuk membuat sambal tumpang yang khusus. Hal ini juga mengingat ada beberapa masakan yang nantinya akan menggunakan sambal yang sama jadi ada baiknya kita membuat resep sambal tumpang secara khusus. Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa sambal tumpang merupakan sambal yang berbahan tempe yang sudah lewat masa konsumsi, atau sudah kadaluarsa. Namun jangan salah meskipun sudah lewat waktu yang baik untuk dikonsumsi, tempe yang orang Jawa bilang 'tempe bosok' ini tetap nikmat untuk dijadikan sambal. Bahkan percaya atau tidak percaya sambal tempe bosok ini menjadi pelengkap makanan yang membuat makanan tersebut justru menjadi populer. Sebut saja bubur sambal tumpang pada resep sebelumnya, ada juga nasi tumpang dan banyak lagi yang nanti akan kami lengkapi resepnya di artikel selanjutnya.

Tempe semangit memang masih layak untuk dikonsumsi, hanya saja proses fermentasi yang berkelanjutan akan membuat aroma tempe semakin menyengat. Nah meskipun begitu tempe semangit berdasarkan penelitian memiliki kandungan gizi yang baik. Berdasakan penelitian Depkes RI tempe semangit per 100 gram mengandung 33,64 gram protein, 12,31 gram lemak, 2,20 gram mineral dan 47,39 gram karbohidrat. Nah hal ini menandakan bahwa selain nikmat bahan tempe semangit cocok untuk sumber protein yang baik untuk menu diet. Sedangkan penelitian yang lain menyimpulkan bahwa tempe semangit juga sangat baik sebagai penyedap rasa alami menggantikan penyedap rasa yang mengandung MSG. Hal ini juga masih berdasarkan penelitian bahwa tempe semangit baik untuk makanan alternatif anti kanker. Nah jangan bilang makanan yang sederhana tidak memiliki manfaat, apalagi hanya tempe busuk, pada kenyataannya sangat baik untuk kesehatan.

Nah setelah tau apa saja manfaat yang bisa didapat dari tempe semangit atau 'tempe bosok'ternyata sangat banyak. Pada resep bubur sambal tumpang juga menggunakan bahan yang sama. Jadi jangan ragu-ragu untuk mencobanya. Namun yang perlu diketahui jangan menggunakan tempe yang sudah kadaluarsa dalam waktu yang sudah telalu lama, paling tidak 1-2 hari yang palng baik. Untuk itu bagi anda yang ingin membuat sambal tumpang segera siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan ikuti resep yang berikut ini.

Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat

Bahan-bahan :
  • 150 gram tempe semangit/busuk (diulek/ditumbuk kasar)
  • 75 gram kelapa parut
  • 250 ml santan (hasil dari 1/2 butir kelapa)
  • Daun salam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabai keriting merah
  • 2 cm kencur
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok irisan gula merah

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tempe semangit/tempe bosok dengan kalapa parut, daun salam dan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, lalu aduk-aduk agara semua bahan tercampur sempurna.
  2. Tuangi dengan santan, lalu aduk kembali. Selanjutnya masak campuran tersebut menggunakan api sedang sambil sesekali di aduk. Tunggu hingga masakan mengeluarkan aroma harum dan santang sudah mulai mengental. Lalu segera angkat
  3. Sambal tumpang siap disajikan dengan bahan makanan yang lain.

Catatan : Tempe semangit adalah tempe yang sebaiknya sudah lewat selama 2 hari. Ciri-cirinya warna kecoklatan dan aroma agak menyengat.

Nah kini sambal tumpang sudah siap dihidangkan untuk melengkapi makanan yang anda hidangkan. Semoga resep ini membantu anda untuk menciptakan masakan yang sehat untuk 4-5 orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat

Resep Masakan Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Pedas dan Sehat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-sambal-tumpang-khas-jawa.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , ,