Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan

Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan

lihat juga


Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan

Artikel Daging Vegan, Artikel Gluten, Artikel Vegetarian,
Menu Internasional - Tidak adil rasanya jika dalam berbagai resep yang kami bagikan disini hanya memenuhi resep-resep yang umum saja. Setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam menyikapi makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Sehingga kemudian dikenal ada penganut vegetarian dan vegan. Nah kali ini kami juga akan memberikan berbagai resep untuk para vegetarian. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu vegan dan vegetarian akan kami tulis pada artikel yang berbeda. Resep yang akan kami berikan untuk kali ini adalah resep membuat gluten. Gluten adalah daging untuk para vegetarian dan vegan, tentu saja dalam hal ini bukan daging hewani, namun makanan yang dianggap daging namun dengan bahan-bahan yang sepenuhnya bukan berasal dari hewani.

Dalam vegetarian gluten ini merupakan makanan utama sebagai pengganti daging bagi para vegetarian dan vegan. Fungsi utamanya adalah sebagai lauk untuk dimakan bersama nasi atau yang lainnya. Pada resep-resep yang lain gluten akan menjadi bahan tersendiri, sehingga untuk yang pertama akan memberikan bagaimana caranya membuat gluten itu sendiri. Membuat gluten sangat mudah, bahan-bahan yang digunakan sangat sedikit hanya beberapa bahn saja. Hanya saja untuk membuatnya memang butuh waktu yang cukup lama aga hasilnya sempurna, namun demi memnuhi kebutuhan akan makanan yang sehat bagi para vegetarian, anda harus merelakan waktu untuk mendapatkan bahan makanan tersebut. Namun ada baiknya anda membuat gluten ini langsung banyak untuk disimpan di lemari pendingin, mengingat proses pembuatanya yang cukup lama.

Kali ini kami akan membagikan dua resep sekaligus untuk membuat gluten. dan pada resep-resep selanjutnya gluten akan sering digunakan dalam resep-resep tersebut. Nah bagi anda yang menjadi vegetarian dan vegan, atau anda yang ingin menjadi vegetarian dengan alasan kesehatan dan lain sebagainya anda bisa mencoba membuat resep ini yang kami sajikan secara sederhana. Untuk itu segera saja simak resep membuat gluten yang berikut ini.

1. Gluten #1 

Bahan-bahan :
  • 9 mangkok tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • Gula
  • 3 Mangkok air
  • Kecap

Cara membuatnya :
  1. Masukkan tepung ke dalam wadah besar dengan sedikit garam, selanjutnya tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tepung menjadi adonan yang kental atau sangat kental (sesuai selera). Jika anda ingin daging yang lembut gunakan air yang banyak, sebaliknya jika anda ingin daging yang kenyal gunakan sedikit air saja, caranya hampir mirip dengan membuat bakpao.
  2. Selanjutnya biarkan adonan tersebut selama 5 jam, tutup dengan kain basah di atasnya agar hasil lebih memuaskan. Setelah 5 jam cuci adonan dengan air mengalir sedikit demi sedikit hingga mendapatkan sarinya atau hasil yang seperti karet. Cuci terus hingga tidak ada lagi tepung yang menempel, hal ini ditandai dengan bekar air cucian yang jernih.
  3. Ambil sari yang sudah jadi tersebut lalu tarik-tarik seperti menggulung benang. Lalu ambil 1/2 liter air, campur dengan 1 sendok teh garam dan 3 sendok makan kecap. Rendam gluten tadi ke dalam campuran bumbu dan biarkan kurang lebih semalam (tergantung selera anda).
  4. Selanjutnya rebus gluten berbumbu dengan air 70-80C selama kurang lebih 5-10 jam (tergantung selera), karena semakin lama merebus akan semakin bagus serat yang dihasilkan, pastinya akan semakin mirip dengan daging yang asli. Jika sudah dinginkan dan goreng dalam minyak mendidih hingga berwarna kecoklatan, jangan terlalu lama menggoreng karena agar air di luar daging vegan menjadi bagus dan tidak mudah hancur.
  5. Selanjutnya gluten bisa digunakan langsung atau bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan lain waktu.

Catatan : cara pertama ini cukup memakan waktu sehingga dsarankan untuk membuat sekaligus 5-10 kg tepung.

Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegtarian dan Vegan


2. Gluten #2

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 1,5 liter air untuk merebus

Cara membuatnya :
  1. Aduk-aduk tepung terigu, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk atau diuleni, hingga menghasilkan adonan yang kalis dan tidak lengket (seperti membuat adonan roti/kue).
  2. Taruh adonan tepung tadi dalam wadah, lalu tuangkan air hingga adonan terendam, lalu diamkan selama kurang lebih 6 jam.
  3. Selanjutnya cuci adonan dengan air mengalir, lakukan hingga adonan bening dan tidak ada tepung yang menempel.
  4. Rebus 1,5 liter air untuk merebus, tambahkan daun salam serta kecap asin dan garam, lalu didihkan. Masukkan adonan gluten yang sudah jadi, lalu rebus hingga adonan menjadi keras dan matang. Segera angkat dan tiriskan. Gluten siap digunakan.

Demikian dua resep membuat gluten untuk mengganti daging. Resep ini menghasilkan gluten sebanyak 800 gram. Semoga resep kali ini membantu. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan

Resep Masakan Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Gluten (Daging Vegan) Untuk Vegetarian dan Vegan dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-gluten-daging-vegan-untuk.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , ,