Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat

Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat

lihat juga


Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat

Artikel Aneka Jajanan Nusantara, Artikel Cemilan, Artikel Jajanan Pasar, Artikel Kue, Artikel Kue Basah, Artikel Kue Tradisional,
Menu Internasional - Masih dengan kue-kue tradisional yang akan kami sajikan dalam resep kali ini. Memang paling menyenangkan membagikan resep kue tradisional, seolah ikut melestarikan tradisi kuliner yang kian hari kian tersingkirkan oleh makanan instan yang kini semakin mewabah keberadaannya. Nah resep kali ini adalah cara membuat kue mangkok. Apa sih sebenarnya kue mangkok atau kue mangkuk itu? Kue mangkok adalah sebuah kue tradisional, masuk dalam kategori kue basah. Kue ini mirip dengan cup cake atau bisa juga disamakan dengan kue bolu kukus. Bentuk dari ketiga kue ini mirip satu sama lain, atau bisa jadi malah sama saja. Namun jika kita melihat cara membuatnya lebih mendekati sebagai bolu kukus, dengan kepala kue yang merekah sangat dekat dengan bolu kukus.

Untuk anda yang sedang mempersiapkan acara arisan atau acara non formal yang lain, kue basah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan dalam acara tersebut. Kue basah yang satu ini memang sangat banyak peminatnya. Teksturnya yang lembut hampir sama dengan apem dan rasa manis lezatnya memang selalu memuat kue ini menjadi pilihan yang tepat, dan memang saat disajikan untuk acara tertentu, kue ini yang paling banyak habis lebih dahulu di samping makanan yang lain yang disajikan. Selain untuk acara non formal kue ini juga cocok untuk acara santai, baik sendiri maupun bareng teman. Cocok juga sebagai teman nonton atau belajar, membuat nonton atau belajar mnjadi lebih konsentrasi.

Bahan yang digunakan sedikit banyak sama dengan yang digunakan dalam cara membuat bolu kukus, hanya saja mungkin dalam menyebutnya berbeda di masing-masing daerah. Namun apapun namanya kue basah yang satu ini memang enak. Biasanya dibuat dengan warna-warna yang menarik, namun menggunakan pewarna makanan yang baik, bukan pewarna yang lain yang justru merusak kesehatan. Nah bagi anda yang kbetulan sedang memepersiapkan acara kecil di rumah silahkan anda coba resep yang akan kami bagikan nanti. Semoga resep-resep kami memberikan pengetahuan yang baik dalam membantu anda belajar memasak. Untuk itu segera saja anda simak resep sederhana membuat kue mangkok yang berikut ini.

Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat

Bahan-bahan :
  • 5 sendok makan tepung beras
  • 11 gram ragi indtan
  • 75 ml air
  • 500 gram tepung beras
  • 150 gram tepung terigu
  • 400 ml air
  • 350 gram gula pasir
  • 700 ml santan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • Pewarna makanan secukupnya (sesuaikan dengan selera anda)

Cara membuatnya :
  1. Membuat biang : Campurkan 5 sendok makan tepung beras dengan 75 ml air dan ragi instan. Aduk-aduk campuran tersebut hingga rata, lalu didiamkan selama 35 menit, sisihkan dahulu.
  2. Campurkan bahan-bahan ke dua yaitu tepung terigu, tepung beras, dan adonan biang yang sudah dibuat sebelumnya. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus di uleni dengan tangan, jika air sudah habis diamkan lagi adonan hingga kurang lebih satu jam.
  3. Masukkan garam, vanili dan gula pasir, selanjutnya tuangkan santan sedikit sedikit sambil terus diaduk agar merata sempurna. Tepuk-tepuk adonan dalam waktu kurang lebih 15 menit, lalu diamkan lagi adonan tersebut hingga waktu 45 menit, kemudian beri pewarna makanan sesuai selera anda lalu aduk-aduk lagi hingga warna merata.
  4. Langkah terakhir, masukkan adonan ke dalam cucing (cetakan kue mangkok) yang sudah diolesi dengan minyak hingga benar-benar penuh. Lalu kukuslah adonan kue tersebut menggunakan dandang panas dalam waktu kurang lebih 15 menit atau hingga kepala kue merekah. Jika sudah merekah dan matang segera angkat dan dinginkan beberapa saat hingga siap di sajikan.

Sagat mudah sekali kan membuatnya, hanya saja untuk persiapan dalam membuat adonan cukup butuh waktu yang lama. Namun dengan kesabaran anda hasilnya akan sangat memuaskan. Nah dengan bahan yang disiapkan, anda bisa membuat sebanyak 24 buah kue mangkok. Selamat mencoba dan terus berkreasi.a


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat

Resep Masakan Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Kue Mangkok Lembut Manis dan Nikmat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-kue-mangkok-lembut-manis.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , ,