Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul

Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul
Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul

lihat juga


Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul

Artikel Aneka Masakan Nusantara, Artikel Aneka Olahan Sayur, Artikel Menu Masakan Indonesia, Artikel Menu Masakan Tradisional, Artikel Sayuran,
Menu Internasional - Menikmati gudeg Jogja di tempat asalnya Daerah Istimewa Yogyakarta memang akan terasa lebih istimewa baik dari suasananya maupun rasanya. Namun pernahkah anda menikmati sajian gudeg Jogja yang bahannya bukan dari gori atau nangka muda? mungkin kebanyakan dari anda belum pernah menikmatinya. Jangan khawatir sajian unik kali ini akan kami bagikan dalam resep gudeg manggar khas Bantul. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa gudeg yang satu ini merupakan hasil olahan manggar atau kembang kelapa yang masih muda. Nah bahan yang tidak umum dijadikan sebagai bahan makanan ini justru bisa disulap menjadi sajian gudeg yang mantap dan memiliki tekstur gurih. Gudeg manggar merupakan kuliner ikon kota Bantul yang masih ada hingga saat ini.

Membedakan keduanya antara gudeg nangka dengan gudeg manggar dari segi rasa memang tidak mudah. Hal ini karena baik gudeg nangka maupun gudeg manggar menggunakan bumbu-bumbu yang persis sama. Namun bagi anda yang melihat tekstur dari kedua gudeg ini akan segera bisa membedakan. Jika gudeg nangka maka teksturnya seperti yang biasa anda santap empuk, lembut atau lembek, hal ini sangat berbeda dengan tekstur gudeg manggar yang memiliki tekstur gurih dan krenyes-krenyes. Nah jika anda ke Jogja dan sempat berkeliling mampirlah ke kota Bantul untuk menikmati sajian khas gudeg manggar yang nikmat itu.

Dalam penyajiannya gudeg manggar juga sama persis dengan gudeg yang biasa anda nikmati sebelumnya. Kelengkapan lauk pauk dan bahan pelengkap lainnya juga sama persis. Hal ini akan memberikan rasa yang lebih kaya dari rasa manis gudeg yang spesial. Jangan lupa juga sambel krecek yang seakan tidak bisa dipisahkan dari makanan gudeg ini. Sebelumnya keberadaan gudeg ini sudah hampir punah karena kurang peminatnya, namun belakangan mulai bangkit lagi dengan menjadi ikon kuliner yang mampu bersaing dengan gudeg umumnya.

Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul

Nah untuk anda yang penasaran bagaimana membuat gudeg manggar yang lezat dan nikmat, berikut ini akan kami bagikan resep sederhana untuk anda semua. Selamat mencoba.

Bahan-bahan :
  • 1 kg manggar (putik bunga kelapa muda)
  • 1 butir kelapa (jadikan santan kental)

Bumbu-bumbu :
  • 100 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 30 gram kemiri
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas (geprak/memarkan)
  • 1/4 kg gula merah
  • Garam secukupnya
  • 1 bungkus tempe semangit (hampir busuk)

Cara membuatnya :
  1. Parut satu butir kelapa, lalu buatlah santan kental dari pautan kelapa tersebut.
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, dan tempe semangit. Lakukan hingga semua bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus yang sudah siap dengan menggunakan sedikit minyak, lalu masukkan santan kedalam campuran bumbu, masukkan juga daun salam, lengkuas dan gula merah.
  4. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan manggar kedalam campuran santan. Lanjutkan memasak menggunakan arang atau kayu bakar selama waktu kurang lebih empat jam. Selama itu usahakan api tetap kecil agar masakan tidak hangus.
  5. Sajikan gudeg dengan tambahan lauk pauk seperti opor ayam, sambal krecek dan bahan lain sesuai selera.

Nah gudeg manggar yang unik kini sudah bisa anda coba di rumah. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul

Resep Masakan Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Khas Bantul dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-cara-membuat-gudeg-manggar-khas.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , ,