Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat

Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat

lihat juga


Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat

Artikel Aneka Jajanan Nusantara, Artikel Aneka Masakan Nusantara, Artikel Dessert, Artikel Makanan Tradisional, Artikel Menu Buka Puasa, Artikel Menu Bulan Ramadhan,
Menu Internasional - Pada masa puasa seperti saat ini makanan yang paling digemari oleh kebanyakan orang adalah kolak. Kolak merupakan olahan makanan dari buah maupun umbi-umbian yang dimasak dengan kuah. Citarasa dari kolak tentu saja sangat nikmat, manis dan tekstur yang lembut. Dari berbagai macam kolak salah satu yang akan kami bagikan resepnya kali ini adalah cara membuat kolak biji salak. Mungkin tidak asing lagi bagi anda nama kolak yang satu ini, namun perlu diketahui bahwasannya kolak biji salak bukan berasal atau dibuat dari biji salak yang keras itu. Kolak biji salak hanya sebuah istilah yang merujuk pada bentuk kolak yang bulat mirip dengan biji salak. Selain kolak biji salak anda juga bisa lihat resep kolak pisang pada artikel sebelumnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat kolak biji salak adalah ubi jalar, untuk jenisnya bisa yang mana saja sesuai selera masing-masing saja. Bisa menggunakan ubi warna putih, kuning atau ungu, namun warna yang ungu sepertinya akan membuat tampilan menjadi lebih menarik, karena warna nya sudah alami. Untuk bahan yang lain menggunakan bahan yang sama dengan cara membuat kolak yang lainnya. Kolak umumnya memang sama cara membuatnya hanya saja bahan yang digunakan yang berbeda. Sebelumnya kami juga pernah memberikan resep kolak yang secara tampilan sama namun dengan nama yang berbeda, untuk lebih jelasnya ada di resep kolak singkong grendul.

Nah untuk menu berbuka puasa tahun ini anda bisa mencoba membuat kolak biji salak, karena seperti yang kita tahu bahwasannya ada yang bilang "berbukalah dengan yang manis" nah kolak merupakan makanan yang manis dan juga lembut. Makanan lembut sangat baik untuk pencernaan pada saat berpuasa, dan menurut keterangan yang bisa dipercaya bahwa sebaiknya berbuka puasa jangan langsung makan makanan yang padat seperti nasi dengan lauk pauk lengkap. Cara terbaik yang dengan makan kolak yang nikmat ini. Untuk itu segera saja anda simak resep kolak biji salak yang berikut ini. Semoga sesuai dengan selera anda dan semoga puasa anda lancar.

Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat

Bahan-bahan :
  • 250 gram ubi jalar, pilih warna sesuai selera (dikukus dan haluskan)
  • 100 gram tepung sagu/tepung kanji
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh air

Bahan untuk membuat kuah :
  • 1 liter air
  • 200 gram gula merah (disisir halus)
  • 1 lembar daun salam/ 2 lembar daun pandan (disimpul)
  • 1 sendok teh garam
  • 15 gram tepung sagu/tepung kanji

Bahan santan :
  • 300 ml air santan (hasil parutan 1/4 butir kelapa)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bahan berikut, ubi halus, tepung sagu/kanji, garam dan air lalu aduk-aduk hingga rata.
  2. Buat bentuk bola kecil dari campuran adonan, lalu sisihkan dahulu
  3. Membuat kuah : rebus 1 liter air dengan gula merah hingga gula merah larut semua, lalu saring dan masukkan daun pandan dan satu sendok teh garam. Lanjutkan memasak hingga campuran bahan tersebut mendidih.
  4. Masukkan adonan yang sudah dibentuk bola kecil, lalu masak beberapa saat hingga bola-bola ubi mengapung. Tambahkan tepung sagu agar kuah menjadi kental, masak lagi hingga kuah meletup dan makin kental.
  5. Membuat santan : rebus santan dengan garam dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, jika sudah segera angkat.
  6. Sajikan kolak biji salak dengan dicampur santan.

Selamat menikmati karena kolak biji salak sudah siap dihidangkan. Bahan untuk membuat kolak biji salak di atas bisa disajikan sebanyak enam porsi kolak. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat

Resep Masakan Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Kolak Biji Salak Enak Segar dan Nikmat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-kolak-biji-salak-enak.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , ,