Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat

Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat
Nama Resep Masakan : Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat

lihat juga


Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat

Artikel Aneka Masakan Nusantara, Artikel Aneka Olahan Sayur, Artikel Menu Masakan Indonesia, Artikel Menu Masakan Tradisional, Artikel Sayuran,
Menu Internasional - Menu masakan yang akan kami bagikan hari ini adalah makanan yang dibuat dengan bahan sayuran yaitu kangkung. Kangkung di sini akan kami buat resep plecing kangkung yang nikmat namun dengan proses yang sangat mudah dan sederhana. Mungkin tidak banyak dari anda semua yang tahu dari mana sebenarnya asal masakan pleicing ini. Plecing kangkung merupakan masakan khas asli Nusantara yang berasal dari daerah Bali dan Lombok. 

Sebenarnya jika anda tahu bagaimana membuat masakan khas yang satu ini sangat mudah sekali, kangkung hanya direbus lalu disajikan dengan sambal tomat dalam keadaan dingin. Yang jadi prosesagak memakan waktu justru membuat sambal tomatnya. Namun secara keseluruhan membuat plecing kangkung sangat mudah dan sederhana. Kangkung yang digunakan untuk membuat masakan ini juga sangat khas, berbeda dengan kangkung yang umum ada di Jawa. Kangkung yang digunakan adalah kangkung air dengan metode tanam tertentu. Namun dalam penyajiannya plencing kangkung tidak hanya berupa sayuran kangkung saja, akan tetapi ditambah dengan berbagai sayuran lain seperti tauge, kacang panjang, kacang goreng atau urap.

Beberapa masakan yang dibuat dari kangkung sebelumnya juga sudah kami bagikan, salah satu yang bisa anda coba adalah resep sayur kangkung bumbu petis yang nikmat. Nah kembali lagi ke plecing kangkung, masakan ini ternyata saat ini sudah banyak dikenal di luar Bali dan Lombok, bahkan masakan ini sudah menjadi menu favorit di rumah-rumah makan mauopun di restoran besar. Rasanikmat dari plecing kangkung tidak hanya enak saat dinikmati, namun lebih jauh lagi masakan ini membuat para penggemar masakan dari bahan kangkung menjadi ketagihan. Hal yang membuat semua menjadi lebih nikmat tentu saja berasal dari sambal tomat yang digunakan untuk mencampur sayu kangkung tersebut. Dengan mudahnya membuat masakan ini kami yakin anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah mengikuti resep yang akan kami berikan nanti.

Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat

Nah untuk anda yang ingin membuat masakan untuk hidangan makan keluarga dan masih bingung ingin memasak apa, mungkin plecing kangkung bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain bahannya murah membuatnya juga tidak butuh waktu lama. Jadi bagi anda yang sudah siap untuk membuat masakan plecing kangkung segera saja ikuti resep plecing kangkung di bawah ini. Berhubung tidak semua kangkung seperti disebutkan di atas ada di daerah anda, anda bisa membuatnya dengan kangkung bisa yang banyak dijual disekitar anda. Nah jika sudah siap silahkan anda simak resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 350 gram kangkung
  • Air secukupnya (untuk merebus kangkung)
  • 1/2 sendok teh garam (untuk campuran saat merebus kangkung)
  • 4 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah (dibakar dengan kulitnya, lalu kupas)
  • 2 sendok teh terasi bakar
  • 4 butir kemiri (digoreng)
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1 buah cabai merah besar (buang bijinya)
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Bahan tambahan :
  • Air jeruk limo (diperas dari 1 butir jeruk limo)

Cara membuatnya :
  1. Petik daun kangkung dengan batang mudanya lalu sisihkan dahulu. Didihkan air dengan dicampur garam yang sudah disiapkan. Selanjutnya masukkan kangkung dan diamkan dalam waktu beberapa detik, lalu angkat dan tiriskan. Rendam kangkung ke dalam air dingin yang sudah matang/air es, diamkan beberapa saat, lalu tiriskan lagi dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bumbu-bumbu yang telas dihaluskan hingga matang dan beraroma harum, lalu angkat. Masukkan air jeruk limo dan aduk-aduk bumbu tersebut hingga rata. Selanjutnya masukkan kangkung rebus/taruh bumbu di atas kangkung rebus, aduk-aduk kangkung dan bumbu hingga tercampur rata. Plecing kangkung siap dinikmati.

Resep telah selesai kami buat, saatnya anda mencoba dan menghidangkan masakan yang lezat ini di rumah anda. Semua bahan yang telah disiapkan dalam resep di atas dapat dinikmati oleh empat orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat

Resep Masakan Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Nusantara Nikmat dan Lezat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/cara-membuat-plecing-kangkung-khas.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , ,