Resep Ikan Tongkol Saus Lombok

Resep Ikan Tongkol Saus Lombok - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Ikan Tongkol Saus Lombok, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Ikan Tongkol Saus Lombok
Nama Resep Masakan : Resep Ikan Tongkol Saus Lombok

lihat juga


Resep Ikan Tongkol Saus Lombok

Artikel Ikan Tongkol, Melezatkan.com - Resep Ikan Tongkol Saus Lombok. Meskipun namanya ada embel-embel saus lombok, tapi bukan berarti resep masakan ini berasal dari lombok. Yang dimaksud lombok di sini adalah cabe. Maklum, orang Jawa menyebut cabe dengan nama lombok.

Jadi kenapa masakan ini disebut ikan tongkol saus lombok, karena kita menggunakan banyak cabe merah alias lombok. Dan sudah tentu rasanya super pedas. Bagi yang tidak suka pedas atau tidak tahan pedas, jangan coba-coba menyantapnya, bisa sakit perut. Mendingan buat hidangan lain seperti ikan tongkol bakar atau tongkol panggang.

Bahan dan bumbu:
  • 1 ekor ikan tongkol
  • minyak goreng secukupnya
  • 100 gram cabe merah
  • 8 butir bawang merah
  • 10 buah cabe rawit
  • 3 buah belimbing wuluh
  • asam dan garam secukupnya

Cara Membuat Tongkol Saus Lombok
  1. Ikan dibersihkan kemudian diberi asam dan garam. Goreng sampai matang (sampai kering).
  2. Bila sudah dingin, potong ikan tongkol menjadi empat bagian memanjang.
  3. Setiap sisinya dijadikan 2 potong, bersihkan tulang-tulangnya.
  4. Cabe merah, bawang merah dan garam digerus kasar. Lalu tumis dengan 3 sendok makan minyak goreng hingga layu.
  5. Tomat dibelah menjadi 4 bagian, belimbing wuluh diiris tipis, masukan ke dalam tumisan.
  6. Setelah itu masukkan juga ikan ke dalam tumisan. Masak terus sambil diaduk-aduk.
  7. Terakhir, masukkan cabe rawit, masak sebentar lalu angkat. Ikan tongkol saus lombok siap dihidangkan.

Ikan Tongkol Saus Lombok
Resep Ikan Tongkol Saus Lombok


Demikianlah postingan Artikel Resep Ikan Tongkol Saus Lombok

Resep Masakan Resep Ikan Tongkol Saus Lombok, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Ikan Tongkol Saus Lombok dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-ikan-tongkol-saus-lombok.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : ,