Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah

Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah
Nama Resep Masakan : Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah

lihat juga


Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah

Artikel Aneka Jajanan Nusantara, Artikel Jajanan Pasar, Artikel Kue, Artikel Kue Kering, Artikel Kue Lebaran, Artikel Kue Natal, Artikel Kue Tradisional,
Menu Internasional - Anda yang masa kecilnya dikampung atau dekat dengan pasar tradisional mungkin mengenal jenis kue kering yang satu ini.  Kue ini berbentuk panjang dan terpilin seperti tambang. Jika belum ingat maka dengan senang hati kami akan membagikan resep kue tambang gurih untuk anda semua. Kue yang masuk dalam kategori kue kering ini memang layak dinobatkan sebagai kue kering tradisional yang paling legendaris. Buntuknya yang unik dan rasa manis dikombinasikan dengan gurih dan renyahnya tekstur kue menjadikannya kue yang hingga saat ini belum mampu digeser oleh kue-kue hasil olahan pabrik.

Kue tambang sering disebut demikian karena bentuknya terjalin seperti bentuk tambang. Namun untuk beberapa daerah kue tambang juga dikenal dengan sebutan kue untir-untir khususnya di daerah Jawa. Hal ini juga tidak salah karena kue ini memang berbentuk memuntir satu sama lain. Sebagai kue kering yang terkenal awet dan tahan lama, kue ini juga sering menghiasi meja tamu saat hari raya. Biasanya memang agak kontras ketika bersanding dengan kue-kue modern, namun sekali lagi selera kampung tetap akan memilih kue tradisional untuk dinikmati. Kue tambang juga identik dengan kue kuping gajah dan biasa berdampingan di meja tamu.

Selain sebagai suguhan saat hari raya, kue tambang atau kue untir-untir ini juga sering dijual sebagai oleh-oleh atau jajanan pasar tradisional. Hingga saat inipun kue tambang masih dijual dalam kemasan plastik sederhana dan masih saja laris di pasaran. Hal ini karena kebanyakan orang lebih suka membeli daripada membuatnya. Kebanyakan orang baru akan membuat saat mendekati hari raya atau jika ada acara tertentu saja. Kue ini sebenarnya sangat mudah untuk dibuat, namun karena harganya yang relatif murah, maka kemudian banyak orang lebih suka membeli dalam jumlah yang banyak daripada harus membuatnya tanpa harus ribet.

Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah

Meskipun begitu kenyataannya kue tambang masih terus saja ada yang meproduksi dalam jumlah banyak tiap hari nya. Hingga kini kue tambang ternyata banyak mengalami perkembangan dan semakin bersaing dengan kue-kue pabrikan. Hingga kini muncul kue tambang colat dan sebagainya. Kali ini kami tidak akan membahas atau membagikan kue tambang yang sudah di modifikasi, kami akan memberikan resep kue tambang yang original. Untuk itu bagi anda yang tertarik silahkan saja melihat dan membuat sesuai dengan resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 125 gram gula halus
  • 100 gram margarin
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 butir telur
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung terigu ersama dengan margarin, gula halus, telur, soda kue dan garam, lalu aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata sempurna. Selanjutnya uleni bahan adonan tersebut hingga kalis.
  2. Ambil sebagian adonan lalu tipiskan adonan memanjangdengan ukuran 1/2 cm. Selanjutnya potong-potong adonan tersebut dengan ukuran 1x12cm. Plintir adonan tersebut dan satukan ujung adonan tersebut menjadi satu. Plintir kembali adonan tadi hingga membentuk seperti tambang, lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.
  3. Panaskan minyak yang banyak, lalu goreng adonan yang sudah dibentuk ke dalam minyak tersebut menggunakan api sedang hingga warna adonan berubah kecoklatan. Jika sudah segera angkat dan jangan sampai gosong, lalu tiriskan.

  • Catatan : jika membuat adonan dengan gilingan usahakan ditaburi dengan tepung terigu, maksudnya agar adonan tidak menempel pada kayu gilingan.
  • Setelah di tiriskan dan kue sudah dingin, segera simpan kue ke dalam stopless agar terjaga tetap gurih dan renyah.

Nah demikian tadi adalah resep kue tambang original yang sangat sederhana. Cukup mudah dan gampang bukan? Nah untuk berbagai acara atau hari raya mendatang anda sudah harus bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Demikianlah postingan Artikel Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah

Resep Masakan Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Kue Tambang Sederhana Gurih dan Renyah dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-kue-tambang-sederhana-gurih-dan.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , , ,