Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat

Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat - Hallo sahabat resep masakan tersohor, Blog ini kami persembahkan bagi mereka yang menyukai di dalam dunia masak memasak atau mungkin akan menjadikan ide bagi sobat yang berencana membuka usaha kuliner sehingga kumpulan beberapa resep masakan tersohor ini bisa menjadi pilihan pada menu usaha anda. semoga dengan resep masakan ini terbuka nuansa kreativitas dalam membuat menu makanan sehingga semakin kaya keahlian anda di dunia kuliner Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat, saya akan semakin menambah terus koleksi resep masakan di blog ini dan semoga dengan bertambahnya hari semakin kaya akan resep masakan dan akan membuat anda tidak bosan untuk berkunjung. baiklah berikut resep masakannya.

Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat
Nama Resep Masakan : Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat

lihat juga


Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat

Artikel Aneka Masakan Nusantara, Artikel Aneka Olahan Sayur, Artikel Makanan Tradisional, Artikel Menu Masakan Indonesia, Artikel Menu Masakan Tradisional, Artikel Sayuran, Artikel Vegetarian,
Menu Internasional - Masih ingin memanjakan para pecinta makanan dari sayuran, kami hadir kembali dengan makanan khas dari Jawa yang sangat terkenal hingga saat ini. Resep trancam merupakan resep pilihan untuk anda pada hari ini. Trancam merupakan makanan yang terbuat dari sayuran dengan bumbu parutan kelapa. Trancam sangat mirip dengan urap, namun ada beberapa perbedaan yang sebaiknya anda tahu, sehingga nanti bisa membedakan dengan mudah mana yang urap dan mana yang trancam. Perbedaan yang sangat jelas adalah trancam menggunakan daun kemangi sebagai ciri khas utamanya, sedangkan urap tidak. Perbedaan lainnya adalah trancam menggunakan sayuran segar/mentah, sedangkan urap mesti dimasak/dikukus.

Nah perbedaan antara trancam dan urap di atas juga sekaligus mempengaruhi rasa dan aroma dari trancam itu sendiri. Trancam serasa lebih mantap dari rasa maupun aromanya, untuk aromanya sendiri trancam lebih tajam dan segar karena sayuran langsung dipotong-potong tanpa dimasak dahulu. Trancam sendiri merupakan makanan pendamping nasi yang biasanya dipadukan dengan makanan gorengan atau daging. Maksudnya adalah jika mengkonsumsi gorengan atau daging maka trancam yang berupa sayuranlah yang nantinya akan menetralisir lemak jahat dari gorengan atau daging tersebut.

Trancam sudah dikenal sejak lama di daerah Jawa Tengah dan daerah Istimewa Yogyakarta. Namun di beberapa wilayah makanan yang sama disebut dengan nama yang berbeda. Misalnya saja di daerah Gunungkidul trancam biasa disebut dengan nama rawis. Namun apapun namanya trancam maupun rawis merupakan makanan tradisional Nusantara yang layak mendapatkan perhatian. Makanan pelengkap yang satu ini juga sangat cocok sebagai pengganti sayuran yang susah dibuat, jika ada yang mudah kenapa harus dipersulit, begitulah kira-kira kata yang tepat untuk trancam.

Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat

Berbagai manfaat bisa di dapat dari makanan trancam ini, selain sebagai makanan yang sehat dan cocok untuk para vegetarian karena tidak mengandung unsur hewani sama hal nya dengan resep urap pada artikel sebelumnya. Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga dipercaya memberikan khasiat untuk orang yang mengkonsumsinya. Menurut keterangan bisa menambah kesuburan, hal ini di dapat dari tauge, kemudian mampu menurunkan tekanan darah tingi yang di dapat dari timun, sekaligus mampu menyegarkan bau mulut yang di dapat dari kemangi.

Nah dari penjelasan tentang makanan trancam di atas, maka kini saatnya kami bagikan resepnya untuk anda. Kami berharap anda memetik manfaat dari resep-resep yang kami sajikan dan memberikan koreksi apabila ada yang kurang dari resep yang kami berikan. Berikut resep trncam untuk anda semua.

Bahan-bahan :
  • 3 buah mentimun (buang bijinya, potong dadu kecil)
  • 1 ikat kacang panjang (cuci bersih, lalu iris tipis)
  • 100 gram kol (cincang halus)
  • 100 gram tauge (cuci bersih)
  • 25 gram petai cina
  • 250 gram kelapa parut (dikukus)
  • 3 tangkai daun kemangi (ambil daunnya)

Bumbu halus :
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 1 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh terasi

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan parutan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya, lalu aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga tercampur rata.
  2. Campurkan semua bahan sayuran, aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya beri parutan kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu halus, aduk-aduk lagi hingga tercampur dengan rata. Sajikan trancam dengan nasi hangat dan lauk yang nikmat. 
Mudah sekali bukan membuat trancam, tidak perlu sibuk memasak, kecuali mengukus parutan kelapa. Nah jika sudah siap segera saja membuat trancam sebagai sajian nikmat untuk keluarga tercinta. Resep di atas bisa dinikmati oleh empat orang. Selamat mencoba dan terus berkreasi. 


Demikianlah postingan Artikel Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat

Resep Masakan Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat, dengan berkreasi dan banyak mencoba maka akan semakin kaya keahlian anda semua. baiklah, sekian postingan resep masakan dan jangan lupa lihat juga postingan saya yang lain ya.

Anda sedang membaca artikel Resep Cara Membuat Sayur Trancam Mentah Segar dan Nikmat dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepmasakantersohor.blogspot.com/2016/05/resep-cara-membuat-sayur-trancam-mentah.html Semoga isi yang saya posting diartikel ini dan keseluruhan artikel blog ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tag : , , , , , , ,